Beliau yang bernama lengkap Syeikh al-Imam Syamsuddin Muhammad bin Ahmad al-Khathib asy-Syirbini al-Qahiri asy-Syafi'i (w. 977 H/1570 M) adalah Ulama besar dalam bidang fikih, tafsir, kalam dan nahwu. Beliau belajar kepada ulama’-ulama’ besar di zamannya, diantaranya ialah: Syeikh Ahmad ‘Amiroh, Syeikh Nuruddin al-Mahalli, Syeikh Nuruddin ath-Thahwani, Syeikh Syams Muhammad al-Kurdi, Syeikh Syihabuddin ar-Ramli, Syeikh Nashiruddin ath-Thabalawi dan yang lainnya. Karena kecermelangannya, para guru-gurunya itu kemudian mengizinkan beliau untuk mengajar dan berfatwa.
Syeikh Najmuddin al-Ghazzi (w. 1061 H) dalam kitabnya al-Kawakib al-Sa’irah bi-a’yani al-Mi’ah al-‘Asyirah [الكواكب السائرة بأعيان المئة العاشرة] mencatatat biografi beliau sebagai berikut:
“Banyak Ulama-ulama yang hidup sezamannya mengakui keshalihan, ilmu, amal, zuhud, wira'i, serta ibadah beliau. Ketika bulan Ramadlan datang, beliau langsung bergegas untuk selalu beri’tikaf di Masjid sampai setelah sholat Ied dikumandangkan. Saat beliau menunaikan ibadah Haji, beliau lebih sering jalan kaki ketimbang naik kendaraan. Beliau juga –karena barokahnya Haji- senantiasa mengajarkan para jamaah haji akan tata cara manasik dan etika-etikanya. Beliau selalu mendorong mereka untuk memperbanyak membaca sholawat. Selama di perjalanan itu, beliau banyak membaca Al-Qur’an. Ketika sudah sampai di Mekah, beliau banyak berthowaf serta berpuasa. Walaupun posisi beliau sebagai ulama’ besar yang mumpuni, beliau lebih mengedepankan praktik Khumul (lebih suka tidak terkenal) dan tidak suka sibuk dengan urusan dunia. Secara keseluruhan, beliau termasuk tanda atau ayat-ayat kebesaran Alloh SWT. Oleh sebab itu, Imam asy-Sya’rawi –sang ulama sekaligus sufi besar- sering memuji-muji beliau.”
Selain itu, Beliau juga sangat sering menziarahi kubur Sang Nabi shallallahu alaihi wasallam dan sering beristikharah di Rawdlah-Masjid Nabawi dikala punya hajat. Beliau wafat setelah sholat Ashar pada hari Kamis, tanggal 8 Sya’ban 977 H.
Beliau mewariskan karya-karya yang fenomenal. Diantaranya, beliau menulis Mughni al-Muhtaj ila Ma'rifati Ma'ani Alfadzi al-Minhaj [مغني المحتاج إلى معرفة معاني ألفاظ المنهاج] dalam 4 (empat) jilid besar. Sebelum menulis kitab ini, beliau sebelumnya telah merampungkan sebuah karya besar yang lain, yakni Syarh at-Tanbih karya Imam Abu Ishaq al-Syairazi (w. 476 H). Setelah melihat kehebatan beliau atas karya sebelumnya itu, beberapa shahabatnya meminta beliau untuk menulis sebuah kitab "syarh" atas karya fenomenal Imam Muhyiddin an-Nawawi yang berjudul Minhaj ath-Thalibin. Kita tahu bahwa kitab al-Minhaj ini termasuk kitab Matan terbaik dan yang utama dalam madzhab Imam As-Syafi'i serta menjadi kurikulum wajib di Pondok Pesantren se-Nusantara.
Menanggapi permintaan itu, beliau merasa bimbang beberapa saat karena (ketawadlu'annya) beliau merasa kurang mampu. Sampai akhirnya pada awal tahun 959 H, beliau diberi anugerah oleh Allah untuk berziarah menghadap Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam. Dihadapan sang Nabi, beliau kemudian berdo'a dan beristikharah kepada Allah dengan terlebih dahulu shalat dua rakaat di Rawdlah. Beliau pun akhirnya memulai penulisan kitab ini setelah hatinya senantiasa dilapangkan (dimantapkan) oleh Allah yang terus menerus semakin mantap sampai kepulangan beliau ke Mesir. Sehingga kitab ini selesai ditulis pada tanggal 17 Jumadil Akhirah tahun 963 H dan menjadi salah satu dari tiga syarah terbaik atas kitab al-Minhaj. Dua yang lainnya ialah Tuhfatul-Muhtaj karya Ibnu Hajar al-Haitami (w. 973 H) dan Nihayatul-Muhtaj karya Syeikh Syamsuddin ar-Ramli (w. 1004 H).
Keterangan ini bisa dibaca dalam mukadimah Mughni al-Muhtaj:
Karya lain dari Syaikh al-Khathib asy-Syirbini adalah kitab tafsir yang berjudul "as-Sirajul Munir fil-I'anah ala Ma'rifati Ba'dli Ma'ani Kalami Rabbina al-Hakim al-Khabir" [السراج المنير في الإعانة على معرفة بعض معاني كلام ربنا الحكيم الخبير] . Kitab ini telah dicetak oleh Dar Ihya' al-Turats al-'Arabi dalam 8 (delapan) jilid tebal.
Uniknya, sebelum memulai penulisan tafsir tersebut, terlebih dahulu beliau sowan ke kanjeng Rasul Shallallahu alaihi wasallam di Madinah. Ziaroh ini dilakukan pada awal tahun 961 H. Disana, beliau melakukan "ritual" yang sama persis seperti yang beliau lakukan sebelumnya (sebelum menulis Mughni al-Muhtaj), yaitu sholat dua rokaat di Rawdlah dan kemudian beristikharah kepada Allah di hadlirat Sang Nabi Shallallahu alaihi wasallam.
Keterangan ini bisa dibaca dalam mukadimah tafsir Siraj al-Munir:
Selain dua karya yang telah disebutkan tadi, beliau juga meninggalkan karya fikih yang terkenal, yakni al-Iqna' syarh Abi Syuja' [الإقناع في حل ألفاظ أبي شجاع] , yang merupakan komentar dari kitab fikih-syafi’i paling terkenal al-Taqrib -atau dikenal juga dengan nama Ghayatul Ikhtishar- karya Syeikh Ahmad al-Ashfahani, atau yang lebih populer disebut Syeikh Abu Syuja’. Kitab ini juga menjadi salah satu kitab wajib di Pesantren-pesantren se-Indonesia, bahkan termasuk kitab wajib jika ingin mempelajari Fiqh Syafi'i.
Beliau menulis dalam mukaddimahnya bahwa setelah beliau merampungkan Syarh at-Tanbih, al-Minhaj dan al-Bahjah, beliau diminta oleh beberapa sahabatnya yang mulia untuk menulis sebuah syarh atas kitab Ghoyatul Ikhtishor karya Syeikh Abu Syuja’. Beliau pun kemudian beristikharah beberapa kali yang didahului dengan shalat dua rakaat di Makam Imam al-Syafi’i Rodliyallohu anhu di Kairo. Setelah hati beliau dilapangkan lewat istikhoroh itu, beliau pun akhirnya memulai untuk menulis syarh al-Taqrib tersebut.
Keterangan ini bisa dibaca dalam mukadimah al-Iqna’ beliau:
Sekian.
Wal-hamdulillahi robbil alamin, wa-nafa’ana bi-ulumihi, Amin.
@Abdul Latif Ashadi
0 comments:
Post a Comment